Ikan Arwana Jardini: Asal Usul, Karakteristik, dan Faktanya

Ikan Arwana Jardini

idnzooIkan Arwana Jardini, atau disebut juga Arwana Australia, adalah jenis ikan air tawar yang terkenal karena keindahan dan keunikan penampilannya. Mereka memiliki tubuh yang panjang dan ramping, dengan sisik-sisik yang berkilau dan cenderung berwarna cokelat atau hijau kekuningan. 

Jenis ini juga memiliki tanda merah berbentuk bulan sabit di setiap sisiknya, yang menambah pesonanya. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai ikan arwana jardini, mulai dari asal usul, karakteristik, sampai gaya hidupnya.

{getToc} $title={Daftar Isi:}

Ikan Arwana Jardini

#Taksonomi

Nama HewanArwana Jardini | Arwana Australia | Arwana Irian | Australian Pearl Arowana
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasActinopterygii
OrdoOsteoglossiformes
KeluargaOsteoglossidae
GenusScleropages
SpesiesScleropages jardinii
 

#Asal Usul

Ikan arwana jardini berasal dari wilayah Australia, Indonesia, dan New Guinea. Jenis jardini sendiri pertama kali dideskripsikan oleh ahli zoologi bernama G√ľnther pada tahun 1864. Mereka diberi nama ilmiah Scleropages jardini untuk menghormati seorang naturalis Prancis bernama Louis Jardine. Arwana jardini ditemukan di beberapa sungai dan sistem air, terutama di daerah dengan perairan yang mengalir lambat atau diam.

Arwana jardini termasuk dalam daftar ikan yang dilindungi dengan batasan waktu penangkapan dan ukuran tertentu. Oleh karena itu, kegiatan restocking Arwana Jardini harus mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Nomor 66 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Restocking, Rehabilitasi Habitat, dan Penanganan by Catch Jenis Dilindungi, serta Appendiks CITES yang telah ditetapkan pada tanggal 30 Desember 2022.

#Karakteristik

Karakteristik Ikan Arwana Jardini

Spesies ini dikenal karena memiliki tubuh panjang, sisik berukuran besar, dan kilauan perak atau kehijauan di permukaan sisik mereka. Berikut ini adalah karakteristik fisik dari ikan arwana jardini:

  • Bentuk Tubuh: Arwana jardini memiliki tubuh yang panjang dan ramping dengan sirip punggung yang tinggi. Tubuhnya terbilang pipih dari samping, yang membantu mereka berenang dengan lancar di air.
  • Mata: Mata arwana jardini relatif besar dan terletak agak dekat dengan bagian atas kepala mereka. Warna matanya biasanya adalah cokelat atau kehitaman. Mata mereka memiliki irisan berwarna emas atau kuning di sekeliling pupil, yang menambah daya tarik visual pada ikan ini.
  • Sisik: Mereka memiliki sisik berukuran besar yang berkilau dengan warna yang mencolok. Sisik-sisik ini memberikan kilauan perak atau kehijauan yang mengilap ketika terkena cahaya.
  • Sirip: Arwana jardini memiliki sirip punggung, sirip perut, dan sirip ekor yang khas. Sirip punggung mereka berukuran tinggi dan panjang, sedangkan sirip ekor mereka berbentuk khas, memanjang ke belakang dengan ujung yang meruncing.
  • Ukuran: Arwana jardini dapat tumbuh menjadi ikan yang cukup besar. Ukuran dewasa mereka biasanya berkisar antara 60 hingga 90 cm, tergantung pada faktor-faktor seperti lingkungan dan perawatan.
  • Warna: Warna arwana jardini dapat bervariasi. Pada umumnya, mereka memiliki tubuh yang berwarna cokelat tua hingga hijau kebiruan dengan kilauan perak atau keemasan di sisik-sisik mereka. Ada juga variasi warna yang langka, seperti jardini albino yang memiliki warna putih.
  • Usia: Mereka dapat hidup hingga usia 10 hingga 15 tahun atau bahkan lebih, tergantung pada faktor-faktor seperti lingkungan, perawatan, dan kualitas hidup mereka.

#Gaya Hidup

Gaya Hidup Ikan Arwana Jardini

Habitat

Arwana jardini dapat ditemukan di perairan yang mengalir lambat atau diam, seperti sungai, anak sungai, rawa-rawa, dan sebagainya. Mereka cenderung memilih daerah dengan air yang jernih dan memiliki beberapa vegetasi permukaan atau dahan yang menjuntai. Adanya persembunyian seperti akar atau bebatuan juga dianggap penting untuk memberikan rasa aman kepada ikan arwana jardini.

pH air yang sesuai untuk arwana jardini berkisar antara 6 hingga 7,5. Rentang pH ini dianggap netral hingga sedikit asam. Suhu air yang ideal untuk mereka berkisar antara 22 hingga 27 derajat Celsius. Mereka membutuhkan suhu yang hangat untuk berkembang dan beraktivitas dengan baik.

Makanan

Arwana jardini merupakan ikan karnivora pemakan daging dan memiliki pola makan yang beragam. Di habitat aslinya, mereka memperoleh makanan dari lingkungan sekitarnya. Makanan alami mereka terdiri dari serangga seperti jangkrik, belalang, ulat, dan serangga air. Selain itu, jenis ini juga memangsa ikan kecil yang hidup di perairan yang sama. Mereka juga menyukai udang kecil, krustasea, dan jenis makanan berbasis protein lainnya yang ada di dalam air.

Kebiasaan

Uniknya, arwana jardini memiliki sifat territorial yang kuat. Mereka cenderung mempertahankan wilayah mereka sendiri dalam akuarium atau kolam di mana mereka dipelihara. Mereka akan melindungi dan mempertahankan wilayah mereka dari ikan lain yang mencoba mendekati area tersebut.

Selain itu, memiliki sifat territorial yang kuat. Mereka cenderung mempertahankan wilayah mereka sendiri dalam akuarium atau kolam di mana mereka dipelihara. Mereka akan melindungi dan mempertahankan wilayah mereka dari ikan lain yang mencoba mendekati area tersebut.

Reproduksi

Spesies ini berkembang biak dengan melepaskan telur ke dalam air. Ikan jantan akan membuahi telur-telur tersebut. Setelah pembuahan, telur-telur akan menetas menjadi larva. Larva tersebut kemudian tumbuh dan menjadi ikan yang lebih besar. Proses ini terjadi di dalam air dan penting untuk menjaga kebersihan air agar telur-telur dapat berkembang dengan baik.

#Harga Pasaran

Harga ikan arwana jardini di Indonesia biasanya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 20.000.000 per ekor. Harga tersebut bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran, jenis, lokasi penjualan, penjual, kondisi pasar, serta tingkat permintaannya.

#Kesimpulan

Secara keseluruhan, Ikan Arwana Jardini (Scleropages jardinii) merupakan ikan air tawar terkenal indah dan menarik. Elegan dengan tubuh warna cerah dan sirip panjang. Populer sebagai hewan peliharaan dan memiliki nilai ekonomi tinggi di industri perikanan. Namun, populasi ikan ini terancam oleh penangkapan liar dan hilangnya habitat alami.

PENUTUP

Nah, inilah penjelasan paling lengkap tentang Ikan Arwana Jardini: Asal Usul, Karakteristik, dan Faktanya. Semoga bisa bermanfaat dan dapat memberikan informasi baru yang bisa menambah wawasan pembaca blog idnzoo. Purnaning Atur Matur Nuwun. #CMIIW #UPGRADEYOURKNOWLEDGE

xclnoob NET

Meet me xclnoob NET, a mere mortal who happens to be a writer and illustrator. I channeled my thoughts and feelings into the words of my writing with passion and a sense of creativity.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak